Jumat, 25 Mei 2012

SEDIAKAN RUANG TERBUKA HIJAU YANG LUAS


Sediakan Ruang Terbuka Hijau Yang Luas

Ruang terbuka hijau didalam rumah memang sangat penting, diamping sebagai penyegar mata juga bisa sebagai penyegar suasa rumah. Tidak dapat dipungkiri tanaman yang berwarna hijau ini bisa menyegarkan suasa hati, apalagi bagi para orang tua yang sibuk bekerja. Ruang hijau ini dapat menjadi alternative untuk melepas lelas sehabis seharian bekerja di kantor.

Lahan terbuka yang ada di dalam rumah anda dapat dijadikan sebagai lahan terbuka hijau dengan ditanami berbagai macam tanaman dan bunga. Anda dapat menanam tanaman kecil maupun pohon besar seperti pohon yang menghasilkan buah-buahan . tidak hanya mempercantik penampilan bangunan rumah, lahan kosong dalam rumah ini juga dapat termanfaatkan dengan baik. Taman ini bisa juga dijadikan tempat bermain untuk anak-anak dan santai bersama keluarga dengan menghadirkan kursi dan meja yang minimalis. Secara psikologis, kehadiran lahan hijau didalam rumah membuat rumah terasa sejuk, sehat, dan segar sekalipun rumah tidak menggunakan air conditioner.

Untuk membuat lahan terbuka hijau ini tidaklah sulit, baik lahannya sempit ataupun luas. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk membuat lahan terbuka hijau di dalam rumah:
1.     Harus ada lahan terbuka didalam rumah, baik itu hanya beberapa meter ataupun luas.
2.      Anda harus melihat kontur tanah yang ada di lahan tersebut. Jika kurang baik atau terlalu padat, maka anda harus mengolahnya kembali. Pengolahan bisa dengan menambahkan pupuk kompos yang dicampur tanah dengan perbandingan 2:1 untuk tanah dan pupuk kompos.
3.      Setelah tanah di olah, maka anda harus memperhitungkan daerah resapannya. Daerah resapan air dapat anda buat sendiri dengan menggunakan paralon bekas. Ukuran paralon 30 Cm saja kemudian anda buat lubang untuk menanamkan paralon tersebut di tanah. Setelah anda membuat lubang lalu palon tersebut dimasukan kedalam lubang tadi.
4.      Setelah itu anda bisa mulai berkreasi dengan tanaman, bunga, dan rumput yang akan ditanam. Untuk tanaman anda dapat menggunakan tanaman bonsai yang pertumbuhannya lambat. Untuk bunga anda dapat serahkan ke istri anda yang lebih tau tentang bunga. Untuk rumput, saya sarankan menggunakan rumput gajah mini atau rumput jepang yang pertumbuhannya rapih.
5.      Setelah proses penanaman selesai makan anda tinggal menunggu hasil kreasi anda tumbuh.
6.      Setelah semua tanaman tumbuh anda dapat menambahkan fasilitas seperti kursi dan meja yang minimalis.
7.      Selamat mencoba dan berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar